Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Sudin Minta BUMN Perkebunan dan Kehutanan Jaga SDA

Jakarta - Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin meminta BUMN Bidang Perkebunan dan Kehutanan menjaga Sumber Daya Alam (SDA) yang menjadi aset perusahaan. Hal itu diungkapkan usai memaparkan potensi perkebunan apabila dikelola secara optimal.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Komisi IV DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Sudin dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi IV DPR RI dengan Direktur Utama Perkebunan Nusantara, Mohammad Abdul Ghani beserta Direktur Utama Perum Perhutani, Wahyu Kuncoro, Direktur Utama PT Inhutani, I Oman Suherman, dan Direktur Utama PT Inhutani V, Dicky Yuana Rady di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Ia menjelaskan, perkebunan jika dikelola sebaik-baiknya, berpotensi meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat, penerimaan devisa negara, penyediaan lapangan kerja, perolehan nilai tambah dan daya saing, pemenuhan kebutuhan konsumsi dalam negeri, bahan baku industri dalam negeri, serta optimalisasi pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan.

“Ya dengan potensi yang sangat berdampak positif bagi masyarakat, kami Komisi IV DPR RI harap BUMN Bidang Perkebunan dan Kehutanan jaga sumber daya alam dengan sebaik-baiknya, tingkatkan juga kualitas hutan dan kebun, terlebih sumber daya alam yang memang menjadi asset perusahaan,”kata Sudin.

Sudin juga menekankan, konflik lahan sekitar wilayah kerja harus segera diselesaikan dengan tanpa menimbulkan polemik berkepanjangan.

“Segera selesaikan konflik lahan antara perusahaan dengan para pemangku kepentingan. Kelola juga pemberian akses, dan tingkatan partisipasi antar-stakeholderdalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di dalam dan di sekitar wilayah kerja perusahaan, serta pembiayaan dalam pengelolaan dan pengembangan usaha pada masing-masing perusahaan,” tandas politisi Fraksi PDI-Perjuangan itu. (*)


Tonton Video Youtube Sudin SE : Menghadiri Bimtek Sekaligus Meninjau Lahan Smart Farming-Low Cost di BPP Lampung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *