Deprecated: The PSR-0 `Requests_...` class names in the Request library are deprecated. Switch to the PSR-4 `WpOrg\Requests\...` class names at your earliest convenience. in /home/suds3457/public_html/wp-includes/class-requests.php on line 24
Tingkatkan Kesejahteraan Petani Garam, Sudin Bersama KKP Serah Terima Bantuan PUGaR di Pulau Legundi - Sudin
Categories: Kegiatan

Tingkatkan Kesejahteraan Petani Garam, Sudin Bersama KKP Serah Terima Bantuan PUGaR di Pulau Legundi

Pesawaran – Guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani garam, Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin bersama Direktorat Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar serah terima bantuan Pengembangan Usaha Garan Rakyat (PUGaR), di Pulau Legundi, Punduh Pedada, Kabupaten Pesawaran, Senin (19/12/2022).

Dalam hal ini, Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin diwakili langsung oleh Tenaga Ahli Komisi IV, Mesah Tarigan.

Tanaga Ahli, Mesah Tarigan mewakili Sudin mengatakan, bantuan PUGaR ini memang sudah dinantikan sejak lama dan akhirnya terealisasi pada 2022 ini.

“Memang ini penantian yang cukup lama bagi masyarakat yang ada di Pulau Legundi ini, sebelum kita mulai langkah-langkah awal bantuan jnj Pak Firman hampir setiap hari berkomunikasi dengan saya terkait pengiriman dari KKP dan lain hal” kata Mesah.

Adapun bantuan yang telah terealisasi yaitu Rumah Prisma, Rumah Niaga, dan jalan produksi dengan bahan beton di Pulau Legundi ini.

“Soal administrasi sudah kita lakukan sejak awal dan Alhamdulillah sekarang semua berjalan dengan baik, sebelumnya hanya ruangan dan lapangan terbuka saja namun sekarang sudah terbangun dan sudah ada jalan produksinya” utas Mesah.

Mesah menyampaikan bahwa Sudin selaku Ketua Komisi IV DPR RI mengapresiasi kepada Dirjen Pengelolaan Ruang Laut KKP beserta Pemerintah Daerah (Pemda) yang telah bekerja keras menyelesaikan pembangunan Rumah Prisma, Rumah Niaga, dan jalan produksi dengan bahan beton di Pulau Legundi ini.

“PUGaR merupakan salah satu program prioritas pembangunan nasional yang masuk di Prioritas Nasional ke-4 tentang penanggulangan kemiskinan. Jadi dengan upaya ini adalah bukti kepedulian KKP kepada petambak garam di Lampung,” katanya.

Dengan ini pula Sudin berpesan kepada kelompok penerima bantuan agar memanfaatkan infrastruktur secara baik dan bijak.

“Jangan sampai bantuan ini hanya dimanfaatkan oleh sebagian orang saja, namun harus dirasakan manfaatnya bagi semua pihak sehingga ekonomi masyarakat dapat meningkat dan semoga kegiatan serah terima ini bermanfaat serta membawa petambak garam lebih sejahtera,” ungkapnya.

Selain itu, Mesah mengimbau kepada masyarakat di Pulau Legundi ini untuk memanfaatkan pekarangan untuk menanam bibit-bibit sayur maupun buah.

“Jadi ibu-ibu disini bisa juga mengembangkan perkarangan, menanam beberapa bibit sayur-sayuran yang sesuai dengan kebutuhan lokal yang bisa juga dibantu oleh teman-teman pertanian, jadi apa yang dibutuhkan disampaikan. Kalau suaminya menamngkap ikan lalu ke rumah kan bumbunya sudah ada, jadi tidak perlu beli lagi,” ujarnya.

“Tentu saya yakin dengan adanya laporan yang nanti kami sampaikan ke Pak Sudin, beliau pasti akan datang berkunjung kesini, jadi saya harap bapak ibu disini memanfaatkan apa yang telah diberikan dan dapat dikembangkan sehingga membantu kesejahteraan masyarakat Pulau Legundi ini,” tandasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan Rumah Niaga yang memamerkan produksi variasi garam asli dari Pulau Legundi. (*)

sudin

Recent Posts

Sudin Minta Taman Nasional Komodo Harus Dijaga dan Didukung Kelestariannya oleh Semua Pihak

Manggarai Barat - Ketua Komisi IV DPR RI Sudin saat mengunjungi Pulau Rinca yang merupakan satu…

2 minggu ago

Harga Telur Melonjak, Ketua Komisi IV DPR RI Sudin Segera Jalin Komunikasi dengan Peternak

Bandar Lampung - Ketua Komisi IV DPR RI Sudin mengatakan pihaknya akan segera menelusuri penyebab…

2 bulan ago

Jelang Ramadan, Ketua Komisi IV DPR RI Sudin Bersama Tim Cek Kesiapan Bahan Pangan di Pasar Way Halim

Bandar Lampung- Komisi IV DPR RI mengecek kesiapan bahan pangan jelang Ramadhan dan Idul Fitri…

2 bulan ago

Beri Bantuan Alsintan di Natar, Sudin : Harus ada Kelompok Tani dan Proposal

Lampung Selatan - Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin menyerahkan bantuan alat mesin pertanian berupa…

4 bulan ago

Antisipasi Kecelakaan Kerja, Sudin Dorong KKP Aktifkan Kembali Asuransi Nelayan

Lampung Selatan - Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin mendorong Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk…

4 bulan ago

Tingkatkan Pendapatan Keluarga Nelayan, Sudin Imbau Ibu-Ibu Buka Usaha Makanan Olahan Ikan

Lampung Selatan - Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin mengimbau kepada ibu-ibu nelayan untuk membuat…

4 bulan ago